8/12/11

Pengertian Bimbingan dan Konseling Sosial


Pengertian Bimbingan dan Konseling Sosial dari Beberapa Tokoh yaitu :
  • Bimbingan dan Konseling Sosial adalah proses bantuan untuk memfasilitasi siswa agar mampu mengembangkan pemahaman dan keterampilan berinteraksi sosial, serta memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapinya (Prof. Akhman)
  •   Menurut Dewa Ketut Sukardi (1993:11) mengungkapkan bahwa bimbingan pribadi social merupakan usaha bimbingan, dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi-sosial, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan.
  •  Sedangkan menurut pendapat Abu Ahmadi (1991:109), Bimbingan Pribadi Sosial adalah, seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat mengahadapi sendiri masalah-masalah pribadi dan sosial yang dialaminya, mengadakan penyesuaian pribadi dan sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan sosial dan kegiatan rekreatif yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah pribadi, rekreasi dan sosial yang dialaminya. 
  •  Hal senada juga diungkapkan oleh Syamsu Yusuf (2005: 11) yang mengungkapkan bahwa Bimbingan Pribadi Sosial adalah bimbingan untuk membantu para individu dalam memecahkan masalah-masalah sosial-pribadi. Yang tergolong dalam masalah-masalah sosial-pribadi adalah masalah hubungan dengan sesama teman, dengan dosen, serta staf, permasalahan sifat dan kemampuan diri, penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan dan masyarakat tempat mereka tinggal dan penyelesaian konflik. 
  •  Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Pribadi Sosial merupakan suatu bimbingan yang diberikan oleh seorang ahli kepada individu atau kelompok, dalam membantu individu menghadapi dan memecahkan masalah-masalah pribadi-sosial, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan.


Disusun Oleh :
Bayu Adhy Tama ; Berty Surya Prastika ;
  Ika Dara Husna ; Ipung Hananto                
BK kelas B 2009 Universitas Sebelas Maret / UNS Surakarta

AKAR BK UNS Surakarta

 
Design by MAS-F production | Bloggerized by Aliph Pakingso - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting