8/12/11

Pengertian Stereotipe


  • Menurut ahli, stereotipe yakni seperangkat penilaian dari kelompok lain dalam hubungannya dengan ingroup dalam situasi terkini (Smith, 1999). Stereotipe berasal dari bahasa latin yang berarti stereot yang artinya kaku dan tipos yang artinya kesan. Jadi secara keseluruhan adalah anggapan dari orang lain yang kaku dan seakan-akan tidak berubah. Oleh karena itu stereotipe adalah suatu kepercayaan yang dilebih-lebihkan atau keyakinan yang berkaitan dengan suatu kategori manusia atau suatu generalisasi yang berlebihan tentang cirri-ciri suatu kelompok tertentu. 
  • Walter Lippman mengatakan stereotipe itu adalah pictures in our head. Stereotipe adalah persepsi yang dianut yang dilekatkan pada kelompok-kelompok atau orang-orang dengan gegabah yang mengabaikan keunikan-keunikan individual. 
  • Stereotipe adalah pendapat atau prasangka mengenai orang-orang dari kelompok tertentu, dimana pendapat tersebut hanya didasarkan bahwa orang-orang tersebut termasuk dalam kelompok tertentu tersebut. Stereotipe dapat berupa prasangka positif dan negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif. 
  •  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disusun oleh Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, stereotipe adalah konsepsi mengenai sifat suatu golongan berdasarkan prasangka subjektif dan tidak tepat. 
  • Karena kata stereotipe ini berasal dari bahasa Inggris, maka perlu penulis juga artikan kata stereotype ini dari bahasa Inggris itu sendiri. Arti stereotipe dalam bahasa Inggris itu sebagai berikut: Stereotype is an image or idea of a particular type of person or thing that has become fixed through beingwidely held.1 (stereotipe  adalah suatu gambaran atau gagasan tentang suatu pribadi/suku tertentu atau barang tertentu dimana hal itu telah menjadi ketetapan/ketentuan yang dipegang/diyakini secara luas). 
  • Sedangkan menurut Jeanny M Fatimah, stereotipe merupakan gambaran tertentu mengenai sifat-sifat dan watak pribadi individu atau golongan lain yang bercorak negatif akibat tidak lengkapnya informasi dan sifatnya subjektif, dimana penilaian-penilaiannya mengandung penyederhanaan dan pemukulrataan secara berlebih-lebihan.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa stereotipe adalah pandangan atau penilaian mengenai sifat-sifat dan watak pribadi suatu individu atau golongan lain yang bersifat subjektif, tidak tepat dan cenderung negatif karena tidak lengkapnya informasi yang didapatkan.



Disusun Oleh :
Bayu Adhy Tama ; Berty Surya Prastika 
Ika Dara Husna ; Ipung Hananto   
BK kelas B 2009 Universitas Sebelas Maret / UNS Surakarta

AKAR BK UNS Surakarta

 
Design by MAS-F production | Bloggerized by Aliph Pakingso - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting