8/25/11

Sejarah , Visi dan Misi KOPMA (Koperasi Mahasiswa) UNS Surakarta


Sejarah Berdirinya KOPMA UNS
Tahun 1976 berawal dari bursa FISIP dan Fakultas Kedokteran UNS yang memiliki prospek untuk usaha mahasiswa, kemudian beberapa mahasiswa menyatukan bursa tersebut dalam suatu wadah yang dinamakan Koperasi Mahasiswa, dengan rekomendasi pembentukan bulan Desember 1980. Kemudian tahun 1983, KOPMA UNS mendapatkan status badan hukum tanggal 17 Februari 1983. Pada tahun 1985, berdasarkan SK REKTOR UNS, sistem keanggotaannya menjadi otomatis, Sistem ini berlangsung hingga tahun 2000, dimana sistem keanggotaannya diubah menjadi sistem sukarela dan terbuka sesuai Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Selang waktu berjalan, KOPMA UNS mendapatkan musibah kebakaran pada hari Senin, 23 Oktober 2001. Kebakaran ini mengakibatkan kerugian baik secara spirit dan materi. Setelah dilakukan penilaian dan pengujian atas bukti-bukti, catatan-catatan historis yang diselenggarakan oleh manajemen koperasi. Berdasarkan perhitungan akuntansi, kerugian kebakaran adalah sebesar Rp. 134.893.000,35 (Seratus Tiga Puluh Empat Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Tiga Ribu Tiga Puluh Lima Sen). Berbagai upaya recovery telah dilakukan oleh kepengurusan setiap periode hingga kini. Dan sedikit demi sedikit upaya tersebut telah membuahkan hasil antara lain : meningkatnya kuantitas kader dan anggota secara sukarela dan terbuka dalam ikut andil berpartisipasi, bersama-sama memajukan KOPMA UNS. Di samping itu keberlanjutan usaha mulai tampak dan semakin memberikan angin segar kepada kehidupan KOPMA UNS.

Visi dan Misi KOPMA UNS
VISI  "Menjadikan KOPMA UNS sebagai organisasi professional, yang handal dalam pengkaderan dan pengembangan sumber daya anggota, kokoh dan mengakar dalam keusahaan, serta eksis dalam bargaining position."
MISI :
                 A. KEORGANISASIAN
1.        Perbaikan manajemen organisasi sesuai standar professional kerja serta menjadi project percontohan organisasi mahasiswa UNS.
2.        Peningkatan efektivitas sarana penunjang dan perealisasian efisiensi yang berpedoman pada ketepatan guna dan hasil.
3.      Optimalisasi dan sinergitas seluruh elemen KOPMA UNS dalam pencapaian   tujuan organisasi.

B. KEUSAHAAN
1.        Pendayagunaan unit usaha dan pendirian kerjasama usaha baru sebagai pemenuhan kebutuhan anggota dan masyarakat.
2.       Pembentukan jiwa entrepreneurship dan kesadaran anggota atas perannya sebagai pemilik, pelanggan, dan partisipan yang aktif.
3.       Penciptaan etos kerja yang professional, dinamis, dan harmonis serta pengembangan potensi karyawan sebagai partner solutif.

C. KEANGGOTAAN
1.        Peningkatan pendidikan anggota pada nilai-nilai perkoperasian serta pengembangan kemampun skill keorganisasian dan manajerial yang baik.
2.       Pengkajian dan penerapan flowchart standar pengkaderan integratif; mulai dari perekrutan, pembinaan, penjagaan, sampai pengkaryaan.
3.       Pengoptimalan dan pengefektifan LSO, LO, serta perangkat lain guna penunjang tercapainya kader koperasi dan koperasi kader yang cerdas dan kompetitif.

D. KEHUMASAN
1.        Peningkatan good relationship dalam menciptakan positive image dan eksistensi KOPMA UNS tataran intern dan ekstern kampus.
2.       Perluasan net working yang kooperatif dengan para stake holders lembaga, birokrat, dan instansi, serta public interest group lainnya.
3.       Pendayagunaan media massa dan perangkat penunjang lainnya sebagai penyampaian informasi, kebijakan, kegiatan, dan prestasi organisasi


AKAR BK UNS Surakarta

 
Design by MAS-F production | Bloggerized by Aliph Pakingso - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting