12/08/11

TES DAT (Differential Aptitude Test )


Differential Aptitude Test
Tes ini berusaha untuk menentukan ke arah manakah kecenderungan bakat seseorang itu. 

Dari hasil tes tersebut dapat diperoleh skor seseorang dari masing-masing sub tes, yaitu :

1.    Tes Kemampuan Verbal
Sebagai kemampuan memberikan pengertian dalam hal bahasa. Untuk mengetahui seberapa jauh seseorang dapat mengerti ide-ide dan konsep-konsep yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata. Selain itu untuk mengetahui seberapa mudah seseorang dapat berpikir dan memecahkan masalah-masalah yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata.
2.   Tes Kemampuan Numerik
Sebagai kemampuan dalam hal hitungan angka. Untuk mengetahui seberapa baik seseorang dapat mengerti ide-ide dan konsep-konsep yang dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Selain itu, seberapa mudah seseorang dapat berpikir dan memecahkan masalah-masalah dengan angka-angka.
3.    Tes Pemahaman
Isi subtes ini dirancang untuk mengungkap pemahaman umum testee.
4.   Tes Penalaran
Tes ini mengukur kemampuan penalaran individu yang bersifat “non-verbal”, yaitu meliputi kemampuan individu untuk dapat memahami adanya hubungan yang logis dari figur-figur abstrak atau prinsip-prinsip “non-verbal design”. Tes penalaran bersama-sama dengan “verbal reasoning” dan “numerical ability” mengukur “general intelligence”.
5.    Tes Pengertian Mekanik
Kemampuan di dalam hubungannya dengan permesinan. Mengukur aspek daya penalaran di bidang kerja mekanis dan prinsip fisika, yang merupakan salah satu faktor intelligensi dalam arti luas. Penyajian tes ini dapat dilakukan secara perseorangan maupun kelompok. Tujuan tes ini untuk mengetahui kemampuan khusus dalam bidang kemampuan mekanik. Dengan mengetahui kemampuan ini maka dapat ditentukan jurusan studi maupun untuk memilih pekerjaan.
6.    Tes Ruang Bidang
Kemampuan dalam hubungannya dengan ruang. Tes ini mengukur kemampuan berpikir secara visual dari bentuk geometris memahami gambar dari dua dimensi untuk menjadi bentuk tiga dimensi. Tes ini dapat disajikan secara individual maupun secara klasikal.

Disusun  Oleh :
Herdian  Sulaksono
BK  B  2009  UNS  Surakarta

AKAR BK UNS Surakarta

 
Design by MAS-F production | Bloggerized by Aliph Pakingso - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting