8/12/11

Tes Intelegensi


Maksud dan Tujuan Tes Intelegensi
Inteligensi merupakan faktor pembawaan atau faktor dasar yang dimiliki seseorang yang ikut menentukan berhasil tidaknya seseorang dalam proses belajarnya, sehingga bagaimanapun diusahakannya peralatan, kondisi, serta metode yang sempurna, pada akhirnya hasil belajar seseorang akan ditentukan oleh tingkat kecerdasan orang tersebut.
Oleh karena itu, dalam rangka bimbingan, informasi yang diperoleh lewat pengukuran inteligensi dapat membantu dalam memberikan bimbingan, terutama bimbingan belajar.
Tes inteligensi adalah suatu alat ukur berupa tes yang digunakan untuk mengetahui sebarapa tingkat kecerdasan seseorang yang di tes (testee). Setelah diketahui mengenai tingkat kecerdasan seseorang, pemeriksa dapat memanfaatkannya lebih lanjut, antara lain:
·               Untuk tujuan seleksi
Melalui tes inteligensi, faktor-faktor yang ada pada diri seseorang, termasuk faktor ynag karena suatu sebab belum berkembang tetapi jelas dimiliki, ikut diperhitungkan. Sehingga, apabila penggunannya benar-benar terlaksana dengan teliti dan objektiif, maka akan dapat membantu pembimbing dalam menyeleksi individu dan menempatkannya secara tepat.
·               Untuk tujuan diagnostik
Melaui tes inteligensi dapat diketahui mengenai kesulitan-kesulitan yang dialami seseorang yang disebabkan oleh taraf inteligensi seseorang tersebut.



Dikirim oleh :
Bayu Adhy Tama
BK Kelas B 2009 Universitas Sebelas Maret / UNS Surakarta

AKAR BK UNS Surakarta

 
Design by MAS-F production | Bloggerized by Aliph Pakingso - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting