Dalam prakteknya, langkah ini mungkin sampai batasan tertentu yang masih ditangani guru sendiri (bagi yang sudah berpengalaman), namun mungkin sesekali dibantu oleh pihak lain (petugas BK, wali kelas, psikolog, dokter, dll.).
Diantara sekian banyak masalah yang msaih dapat ditangani oleh guru pada umumnya antara lain:
Kasus kesulitan belajar dengan latar belakang kurangnya minat dan motivasi belajar, cara untuk mengatasinya menurut Woodworth dan Marquis, 1957:331-338, antara lain :
- Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat mlemahkan motivasi belajar siswa,
- Ciptakan situasi kompetitif sesama siswa yang sehat,
- Berikan dorongan pada siswa dengan memberikan informasi yang telah dicapainya dari waktu ke waktu,
- Berikan kesempatan pada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional,
- Berikan pujian pada siswa agar dia bersemangat,
- Berikan sanksi atau hukuman atas kelalaian dengan bijak dan adil,
- Tunjukkan manfaat dari pelajaran bagi siswa baik untuk satt ini maupun nanti
Kasus kesulitan belajar dengan latar belakang sikap negatif terhadap guru, pelajaran, dan situasi belajar. Cara untuk mengatasinya antara lain :
- ciptakan iklim yang sehat dalam kelas,
- berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang memuaskan bagi siswa, meskipun dengan prestasi yang minim.
Kasus kesulitan belajar dengan latar belakang kebiasaan belajar yang salah, cara untuk mengatasinya antara lain :
- tunjukkan akibat dari kesiasaan buruknya terhadap prestasi belajar,
- berikan kesempatan masa transisi untuk berlatih dengan pola kebiasaan baru dan
- meninggalkan kebiasaan lama yang salah.
Kasus kesulitan belajar dengan latar belakang ketidakserasian antara kondisi objectif instrumental input dengan lingkungan, cara untuk mengatasinya antara lain :
- bimbingan informasi dalam program / bidang studi, bahan / sumber, strategi / metode / teknik belajar rasional,
- diskusi atau kerja kelompok,
- proyek kegiatan bersama di kelas, karyawisata, dsb
dikirim oleh : Nay Hanapov BK-B UNS 2009
ditulis oleh : Nay Hanapov ; Ipung Hanapov ; Andreas Susilo Eko BK-B UNS 2009