8/3/11

Tugas Perkembangan

Tugas - tugas perkembangan menurut Havighurst 


Adapun yang menjadi sumber dari pada tugas-tugas perkembangan tersebut menurut Havighurst adalah: 
Kematangan pisik, tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai dan aspirasi individu. 
Pembagian tugas-tugas perkembangan untuk masing-masing fase dari sejak masa bayi sampai usia lanjut dikemukakan oleh Havighurst sebagai berikut :

1. Masa bayi dan anak-anak
  • Belajar berjalan
  • Belajar mekan makanan padat
  • Belajar berbicara
  • Belajar mengendalikan pembuangan kotoran tubuh
  • Mencapai stabilitas fisiologik 
  • Membentuk pengertian sederhana tentang realitas fisik dan sosial
  • Belajar kontak perasaan dengan orang tua, keluarga, dan orang lain
  • Belajar mengetahui mana yang benar dan yang salah serta mengembangkan kata hati 
2. Masa Anak Sekolah
  • Belajar ketangkasan fisik untuk bermain
  • Pembentukan sikap yang sehat terhadap diri sendiri sebagai organism yang sedang tumbuh
  • Belajar bergaul yang bersahabat dengan anak-anak sebaya
  • Belajar peranan jenis kelamin
  • Mengembangkan dasar-dasar kecakapan membaca, menulis, dan berhitung
  • Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan guna keperluan kehidupan sehari-hari 
  • Mengembangkan kata hati moralitas dan skala nilai-nilai
  • Belajar membebaskan ketergantungan diri
  • Mengembangkan sikap sehat terhadap kelompok dan lembga-lembaga

3. Masa Remaja
  • Menerima keadaan jasmaniah dan menggunakannya secara efektif
  • Menerima peranan sosial jenis kelamin sebagai pria/wanita
  • Menginginkan dan mencapai perilaku social yang bertanggung jawab social
  • Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
  • Belajar bergaul dengan kelompok anak-anak wanita dan anak-anak laki-laki
  • Perkembangan skala nilai
  • Secara sadar mengembangkan gambaran dunia yang lebih adekwat
  • Persiapan mandiri secara ekonomi
  • Pemilihan dan latihan jabatan
  • Mempersiapkan perkawinan dan keluarga

4. Masa Dewasa Awal
  • Mulai bekerja
  • Memilih pasangan hidup
  • Belajar hidup dengan suami/istri
  • Mulai membentuk keluarga
  • Mengasuh anak
  • Mengelola/mengemudikan rumah tangga
  • Menerima/mengambil tanggung jawab warga Negara
  • Menemukan kelompok sosial yang menyenangkan

5. Masa Usia Madya/Masa Dewasa Madya
  • Menerima dan menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik dan fisiologis
  • Menghubungkan diri sendiri dengan pasangan hidup sebagai individu
  • Membantu anak-anak remaja belajar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan berbahagia
  • Mencapai dan mempertahankan prestasi yang memuaskan dalam karir pekerjaan
  • Mengembangkan kegiatan-kegiatan pengisi waktu senggang yang dewasa
  • Mencapai tanggung jawab sosial dan warga Negara secara penuh.
AKAR BK UNS Surakarta

 
Design by MAS-F production | Bloggerized by Aliph Pakingso - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting