9/5/11

Jenis-Jenis dari Emosi


Agar dapat mengatur emosi maka perlu kiranya kita mengetahui jenis – jenis emosi menurut beberapa tokoh. Paul Ekman dan Richard Lazarus dalam A. D. Martin melakukan studi psikoantropologi pada suku-suku asli di berbagai belahan bumi, menemukan 6 emosi dasar manusia yang bersifat universal yakni: senang, marah, sedih, kaget, jijik dan takut.
Fred Luthans berpendapat bahwa tidak ada kesepakatan total mengenai jenis utama emosi, dan ia merangkum emosi utama kedalam dua jenis penggolongan yaitu : emosi positif terdiri dari cinta/afeksi, bahagia/gembira, terkejut, dan emosi negatif terdiri dari takut, sedih, marah, muak dan malu.

Sementara itu Stephen P. Robbins mengemukakan bahwa jumlah emosi mencapai lusinan. Salah satu cara untuk mengklasifikasikannya adalah mengelompokan apakah emosi tersebut positif atau negatif. Emosi yang positif seperti kebahagiaan dan harapan, mengungkapkan penilaian atau perasaan yang menyenangkan. Emosi negatif seperti kemarahan atau kebencian, mengungkapkan sebaliknya.

Penelitian telah mengidentifikasi enam emosi universal : kemarahan, ketakutan, kesedihan, kegembiraan, kejijikan, dan keterkejutan. Para peneliti cenderung mencari ekspresi wajah yang teridentifikasi secara universal dan selanjutnya mengelompokkannya ke dalam kategori
– kategori.

Beberapa tokoh mengemukakan tentang macam-macam emosi, antara lain Descrates. Menurut Descrates, emosi terbagi atas : Desire (hasrat), hate (benci), Sorrow (sedih/duka), Wonder (heran), Love (cinta) dan Joy (kegembiraan). Sedangkan JB Watson mengemukakan tiga macam emosi, yaitu : fear (ketakutan), Rage(kemarahan), Love (cinta).

Daniel Goleman (2002 : 411) mengemukakan beberapa macam emosi yang tidak berbeda jauh dengan kedua tokoh di atas, 
yaitu :
  1. Amarah : beringas, mengamuk, benci, jengkel, kesal hati
  2. Kesedihan : pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihi diri, putus asa.
  3. Rasa takut : cemas, gugup, khawatir, was-was, perasaan takut sekali, waspada, tidak tenang, ngeri.
  4. Kenikmatan : bahagia, gembira, riang, puas, riang, senang, terhibur, bangga.
  5. Cinta : penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, bakti, hormat,  dan kemesraan.
  6. Terkejut : terkesiap, terkejut.
  7. Jengkel : hina, jijik, muak, mual, tidak suka.
  8. Malu : malu hati, kesal.


AKAR BK UNS Surakarta

 
Design by MAS-F production | Bloggerized by Aliph Pakingso - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting