9/7/11

Teori Kepribadian Freud - Erikson


TEORI KEPRIBADIAN FREUD – ERIKSON
Teori Kepribadian dan Sejarah Psikologi
Kita tahu bahwa psikologi berkembang pada akhir abad XIX sebagai anak kandung filsafat dan fisiologi eksperimental. Asal-usul teori kepribadian lebih bersumber pada profesi dan lingkungan praktik kedokteran. Ikatan historis antara teori kepribadian dan aplikasi praktis ini tetap kelihatan sepanjang perkembangan psikologi dan merupakan salah satu perbedaan penting antara cabang teori ini dengan beberapa macam teori psikologi lainnya.
Apa itu Kepribadian?
Kepribadian merupakan bagian dari individu yang paling mencerminkan atau mewakili si pribadi, bukan hanya dalam arti bahwa ia membedakan individu tersebut dari orang-orang lain, tetapi yang lebih penting, bahwa itulah ia yang sebenarnya.
 Apa itu Teori?
Teori adalah hipotesis yang belum terbukti atau spekulasi tentang kenyataan yang belum diketahui secara pasti. Apabila teori itu terbukti benar maka menjadi fakta. Teori disebut juga sebagai sekumpulan konvensi yang diciptakan oleh teoretikus. Teori juga harus mengandung sekumpulan asumsi relevan yang secara sistematis saling berkaitan, dan serangkaian definisi empiris.


Teori Kepribadian dan Teori-teori Psikologi Lain
Teori kepribadian merupakan segugusan asumsi tentang tingkah laku manusia beserta definisi – definisi empirisnya. Jelas bahwa teori – teori psikologi tertentu lebih siap menangani setiap peristiwa tingkah laku yang bisa dibuktikan berperan penting dalam penyesuaian diri organisme manusia.
Perbandingan Teori-teori Kepribadian
Perbedaan fundamental antara teori – teori kepribadian berkisar pada sejauh manakah proses belajar, atau modifikasi tingkah laku merupakan objek pembahasan yang terinci dan eksplisit. Beberapa teori kepribadian menaruh perhatian utama pada berfungsinya mekanisme – mekanisme pengaturan diri yang bertugas memelihara keadaan psikologis yang stabil atau seimbang.

AKAR BK UNS Surakarta

 
Design by MAS-F production | Bloggerized by Aliph Pakingso - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting